SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA KENDARAAN RODA EMPAT (MOBIL)
SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA KENDARAAN RODA EMPAT (MOBIL); jumpa lagi diposting kali ini blog wang tubu akan kasih sedikit info tentang otomotif semoga bermanfaat;!!!Bagian-bagian sistem pemindah tenaga
1.Kopling
Kopling terletak di antara roda gila.
Tugas utama kopling adalah untuk memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol ke tranmisi dengan halus.
kopling ada bermacam-macam
1.kopling gesek
2.kopling sentifugal
3.kopling fluida
4.kopling magnet
komponen-komponen kopling gesek;
1.plat penekan; untuk menekan plat kopling terhadap roda gila.
2.plat kopling; meneruskan putaran motor ke transmisi dengan adanya gesekan yang kuat
3.tuas-tuas penekan
4.bantalan pembebas
2.Transmisi
berfungsi; untuk menyesuaikan momen yang di butuhkan dengan keadaan jalan atau putaran motor. Di samping itu transmisi berfungsi ; untuk mengubah arah putaran poros propeler sehingga mobil bisa berjalan mundur.
Transmisi yang di gunakan pada mobil ada bermacam-macam;
1.Selective gear transmision.
jenis ini masih di bedakan lagi menjadi 3 macam. Yaitu model sliding mesh, model contant mesh, model syncromesh
2.planetary gear transmision
3.Transmisi otomatis.
3.Diferensial
Prinsif kerja dari diperensial bila sebuah mobil sedang berbelok di sebuah jalan roda sebuah luar harus berputar lebih cepat dan menempuh jarak yang lebih panjang di banding roda sebelah dalam.
Konstruksi sebuah diperensial di buat sedemikian rupa agar kedua roda belakang dapat berputar dengan cepat yang berbeda-beda (saat slip dan berbelok) jadi fungsi diferensial adalah;
1. Membedakan putaran antara roda kiri dan kanan terutama pada saat berbelok atau pada saat jalan yang tidak rata.
2. Mengurangi putaran poros propeler sebanyak yang di perlukan oleh poros roda.pengurangan di peroleh dari gigi ring yang jumlah giginya lebih banyak dari jumlah gigi pemutar. Pengurangan putaran bertujuan untuk memperbesar momen putar.
3.Dengan perkaitan gigi pemutar dan gigi ring akan mengubah arah tenaga putar poros propeler ke poros roda menjadi 90 derajad
0 komentar:
Posting Komentar